Home / Ulasan Produk / Raspberry Pi Zero : Komputer mini 5 dolar

Raspberry Pi Zero : Komputer mini 5 dolar

pizero

Raspberry Pi Zero merupakan terobosan board dari Raspberry Pi foundation. Board ini dijual dengan harga 5 dolar US. Saya membeli board ini di https://thepihut.com/. Dalam 5 hari sudah sampai paketnya ke Jerman dari UK dengan menggunakan kurir ekonomis.

Secara resmi, pembaca dapat membeli board ini di tautan ini, https://www.raspberrypi.org/products/pi-zero/.

Secara umum, fitur seperti ethernet module di hilangkan dari Raspberry Pi Zero untuk menekan biaya dari board. Kemudian HDMI dibuat menjadi micro HDMI sehingga ukuran board lebih kecil.

Raspberry Pi Zero tidak memiliki network module sehingga kita harus menambahkan ethernet module jika board ini dihubungkan melalui kabel LAN. Atau kita dapat hubungkan dengan WiFi USB ke board ini sehingga board akan dapat dengan mudah terhubung dengan WiFi hotspot.

Spesifikasi

Berdasarkan datasheet, Raspberry Pi Zero memiliki spesifikasi sebagai berikut

  • BCM2835 (same as Pi 1) but up-clocked to 1GHz, so 40% faster
  • 512MB of RAM
  • micro-SD Slot
  • mini-HDMI
  • micro-USB for data
  • micro-USB for power
  • unpopulated 40-pin GPIO connector (same pinout as A+/B+/2B)

 

UnBoxing

Ketika saya membeli board ini, Raspberry Pi Zero tidak ada box, cukup dibungkus plastik. Kebetulan ketika itu saya membeli Raspberry Pi + Essential kit dimana ada kabel OTG dan converter micro HDMI ke HDMI. Berikut ini kit dari Raspberry Pi Zero yang saya beli.

z1-1

Cara penggunaan

Raspberry Pi Zero tidak berbeda dengan Raspberry Pi board lainnya. Kita memerlukan micro SD card untuk di install OS. Dikarenakan board ini menggunakan BCM2835, tidak semua OS pada Raspberry Pi 2 atau 3 dapat diinstall di Raspberry Pi Zero. Saya rekomendasi untuk menggunakan Raspbian.

Pembaca dapat mengunduh OS untuk Raspberry Pi Zero di https://www.raspberrypi.org/downloads/.

Setelah di flash OS Raspbian, kita masukkan micro SD card ke board. Selanjutnya, hubungkan ke monitor melalui micro HDMI.

Raspbian OS akan jalankan sebagai desktop dan siap digunakan.

z3-2

Pengembangan Aplikasi

Secara umum, pengembangan program pada Raspberry Pi Zero tidak berbeda dengan board Raspberry Pi lainnya. Kita dapat menggunakan Python dan Node.jS serta tentu C/C++ untuk membuat program diatas Raspberry Pi Zero.

Hal yang perlu diperhatikan disini adalah GPIO. Berikut ini layout GPIO pada Raspberry Pi Zero.

gpio_zero

 

Terapan

Dengan ukuran kecil, Raspberry Pi Zero memiliki keuntungan dimana tidak perlu memerlukan banyak ruang. Hampir semua skenario permasalahan terkait dengan automation dapat diselesaikan. Hal ini dikarenakan flesibilitas dari OS yang digunakannya dan dukungan I/O yang kompetibel dengan Raspberry Pi.

Pembaca dapat menghubungkan board ini ke “otak” robot anda. Board ini juga digunakan untk melakukan automation guna menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Sheild atau sensor pada Raspberry Pi dapat digunakan pada board ini.

Tertarik untuk memiliki board ini?

Silakan berburu produk ini dan mainkan kreatif anda 😉

1,190 total views, 2 views today

About Agus Kurniawan

I'm lecturer, researcher, author and IT consultant. Experiences in various IT projects since year 2001. Microsoft MVP since 2004-present. PhD student at FU Berlin, Germany. Teaching and doing R&D at Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia and Samsung R&D Institute Indonesia. Please visit my blog, http://blog.aguskurniawan.net and twitter @agusk2010

Check Also

ML.NET Series: Membuat Model ML secara cepat dengan AutoML

Hi Rekan Makers, Bertemu lagi di series ML.NET, kali ini kita akan mencoba fitur AutoML …