Home / Ulasan Produk / Kupas produk Cubeacon

Kupas produk Cubeacon

Suatu kehormatan ketika makers.ID mendapatkan barang Cubeacon kit dari mas Tiyo, founder Cubeacon. Walau sama-sama dari Surabaya dan satu komplek institusi kampus ITS rupanya saya tidak mengenal ketika kuliah. Ah rupanya angkatannya berbeda 😀 .

Kembali ke Cubeacon kit. Cubeacon merupakan smart box yang menggunakan teknologi iBeacon, salah satu propriety protocol dari Apple. Dalam Cubeacon kit ini, kita akan mendapatkan sebuah box seperti dibawah ini.

img_0867

Kalau box ini dibuka kita akan memperoleh tiga item Cubeacon seperti dibawah ini

img_0868

img_0869

Kalau kita perhatikan pada pokok kiri bawah ada lampu blinking. Ini menunjukkan iBeacon pada Cubeacon sedang bekerja dan artinya battery ada didalamnya 😉

Cara akses pertama kali

Team Cubeacon telah membuat aplikasi yang siap digunakan untuk iOS dan Android. Cukup menggunakan tool ini, kita bisa mengakses data iBeacon ini.

Aplikasi Cubeacon untuk iOS dapat diunduh disini https://itunes.apple.com/id/app/id953919362,  dan Android disini, https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cubeacon.tools.

Contoh tampilan aplikasi Cubeacon pada App store dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

img_0870

 

Jika selesai diinstall, jalankan aplikasi ini (pastikan Bluetooth di smartphone anda sudah enable). Kita akan melihat ketiga iBeacon yang dipancarkan oleh Cubeacon. Contoh tampilan pada aplikasi Cubeacon iOS dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

img_0872

 

Kalau di tap salah satu iBeacon tersebut, kita akan melihat datanya seperti dibawah ini beserta jarak antara Cubeacon dan aplikasi Smartphone tersebut.

img_0873

 

Simple kan?

 

Penerapan Cubeacon

Ada banyak skenario yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan iBeacon. Cukup search di mesin pencari, banyak sekali.

Satu hal skenario yang menarik. Misalkan saya meletakkan Cubeacon ini ke sepeda motor atau mobil. Kemudian kendaraan ini di parkir dan saya duduk manis menikmati kopi di restoran. Seperti diketahui, Cubeacon ini akan memancarkan iBeacon signal ke aplikasi mobile yang saya sudah buat khusus. Ketika aplikasi saya menerima iBeacon yang jaraknya makin jauh, ini artinya kendaraan saya sedang dicuri !!!, aplikasi saya langsung memberikan alert ke saya.

Contoh lainnya? saya kupas dalam tutorial teknis dan implementasinya!!. Ditunggu.

Pengembangan Cubeacon

Team Cubeacon juga telah membuat SDK yang memungkinkan Cubeacon ini dapat diintegrasikan dengan aplikasi kita. Agar dapat mengakses SDK Cubeacon, kita diwajibkan untuk mendaftar disini, http://developer.cubeacon.com.

Setelah daftar, kita dapat mengakses SDK ini. Berikut tampilan dashboard nya.

cubeacon

 

Cukup buat aplikasinya, kemudian kita dapat mengunduh SDK untuk iOS dan Android.

cub1

cub2

Lebih lengkapnya, saya akan membuat tutorial contoh bagaimana mengakses Cubeacon ini melalui mobile app dan IoT boards disertai dengan beberapa kasus.

 

1,761 total views, 2 views today

About Agus Kurniawan

I'm lecturer, researcher, author and IT consultant. Experiences in various IT projects since year 2001. Microsoft MVP since 2004-present. PhD student at FU Berlin, Germany. Teaching and doing R&D at Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia and Samsung R&D Institute Indonesia. Please visit my blog, http://blog.aguskurniawan.net and twitter @agusk2010

Check Also

Mengenal Samsung ARTIK 5 (ARTIK 520) Board

  Samsung ARTIK merupakan produk baru dari Samsung untuk bidang IoT. Sejak 2 tahun terakhir …