Home / Berita / Liputan Acara: Microsoft Azure IoT and Advanced Analytics Technical Training

Liputan Acara: Microsoft Azure IoT and Advanced Analytics Technical Training

Hi Makers, apa kabar ? kali ini kita akan mengulas sedikit tentang acara yang diadakan oleh Microsoft pada 12-15 September 2016, tepatnya beberapa hari yang lalu di Bangkok. Pada acara yang bertajuk “Microsoft Azure IoT and Advanced Analytics Technical Training”, Microsoft mengundang perwakilan penggiat komunitas IoT dari beberapa negara asia pacific, salah satunya Indonesia.

Microsoft Indonesia mengundang Andri Yadi dari Dycode-X dan Muhammad Ibnu Fadhil dari Gravicode (Makers.id contributor) untuk menerima serangkaian acara training selama 2 hari dan dilanjutkan dengan hackathon pada hari ketiga.

Hari Pertama

Pada hari pertama materi disampaikan oleh Mr Patrick Shim, Global Black Belt IoT dari Microsoft. Beliau mengupas tentang penggunaan beberapa Azure IoT service seperti Azure IoT Hub, Stream Analytic, Power BI, Reference Architecture, Integrasi PLC/SCADA dengan Azure IoT Hub dengan menggunakan NODE-RED, dan ditutup dengan Hands on Lab, dimana para audience mempraktikan teori-teori yang sudah disampaikan.

ref_azure_iot

Hari Kedua

Pada hari kedua, materi yang disampaikan sangat menarik dan mungkin ini yang menjadi primadona dari Azure IoT service yaitu Cortana Intelligence Suite, Azure Machine Learning, Microsoft R, Cognitive Service, HDInsight, dan Text Analytic with R dan AzureML. Presentasi dan demo disampaikan oleh Mr Ben Sadeghi, Global Black Bel Advanced Analytic dari Microsoft.

cortana_intelligence

cortana

Hari Ketiga

Pada hari terakhir, seluruh peserta dibuatkan grup secara acak, dalam 1 group terdiri dari 6 orang yang terdiri dari 2 orang dari Audience Evangelism Microsoft dan 4 orang dari peserta. Setiap group diberikan kesempatan untuk membuat ide dan solusinya yang diterapkan menggunakan teknologi yang sudah disampaikan pada 2 hari sebelumnya. Pada sore hari, setiap group melakukan pitching dan demo dihadapan juri dan peserta lain. Alhamdulilah, perwakilan dari Indonesia yang diwakili Irving Hutagalung (AEM Microsoft Indonesia) dan Andri Yadi (Dycode-X) bisa mendapatkan juara 2 dengan mendemokan piranti buatannya sendiri yaitu Espectro Core (ESP8266 Core Module) dan teknologi Lora (RFM95) untuk komunikasi data untuk solusi monitoring pasien di rumah sakit.

 

img_1505

Walaupun saya dan team belum mendapatkan juara pada acara hackathon tersebut tapi senang sekali bisa berkolaborasi bersama membangun solusi “Smart Farm” menggunakan .NET Gadgeteer dan Microchip RN2483 Lora sebagai interface komunikasinya.

img_1495

Mungkin rekan-rekan makers.id penasaran dengan beberapa teknologi dari Microsoft ini, inshAllah kita akan mengadakan serangkaian acara seminar dan workshop dalam waktu dekat ini. Jadi “stay tuned” karena kita akan mengundang rekan-rekan untuk sama-sama belajar dan mencoba teknologi ini.

–Salam Makers

2,823 total views, 2 views today

About Muhammad Ibnu Fadhil

Penulis kode, pedagang aplikasi perkantoran, implementator integrasi sistem, memiliki UKM yaitu gravicode.com, mendirikan komunitas kecil gadgeteer Indonesia, mendedikasikan diri untuk membangun produk dan jasa yang bermanfaat untuk ummat terutama di bidang teknologi informasi.

Check Also

Liputan : Global Azure Bootcamp 2018 Bogor

Global Azure Bootcamp adalah acara tahunan yang diselenggarakan serentak di beberapa lokasi di beberapa belahan negara dunia …