Home / Ulasan Produk / Mengenal Samsung ARTIK 5 (ARTIK 520) Board

Mengenal Samsung ARTIK 5 (ARTIK 520) Board

artiklogo

 

Samsung ARTIK merupakan produk baru dari Samsung untuk bidang IoT. Sejak 2 tahun terakhir ini, Samsung sudah mulai masuk ke ranah IoT terutama untuk retail dan industri. Dengan melakukan kerja sama dengan Arduino.cc, Samsung membuat module bernama Samsung ARTIK.

Saat ini tersedia dua jenis Samsung ARTIK board yaitu ARTIK 5 dan ARTIK 10. Seiring dengan perjalanan waktu, nama Samsung ARTIK 5 berubah menjadi Samsung ARTIK 520 dan Samsung ARTIK 10 menjadi Samsung ARTIK 1020.

Ukuran module yang kecil membuat flesibel anda ketika mendesain IoT solution. Samsung juga menyediakan development board kit nya sehingga kita dapat fokus ke developmentnya saja. Development board nya sudah dirancang sehingga Arduino shield yang ada miliki dapat mendukung board ini.

Hal yang menarik dari module ini adalah lengkapnya network stack module. Module ini dilengkapi dengan beberapa protokol yaitu WiFi, WiFi Direct, Bluetooth LE (4.1), Zigbee dan Z-Wave disamping Sensing dan actuating I/O. Dengan demikian, module ini sudah siap menjadi IoT node yang terhubung dengan existing network yang ada.

Waktu acara Samsung Tizen Roadshow, acara Samsung Indonesia Next Apps (INA), di beberapa kota di Indonesia, saya mendemokan board ini untuk memperlihat bagaimana Samsung ARTIK module ini bekeraja.

Mari kita kupas singkat mengenai Samsung ARTIK modules ini!.

Mendapatkan Samsung ARTIK Modules

Untuk mendapatkan Samsung ARTIK board, saat ini tersedia di toko online Digi-key: http://www.digikey.com/product-detail/en/SIP-KITNXB001/1510-1316-ND/5825102 . Kalau lagi di Eropa, toko online Conrad.de juga menjual Samsung ARTIK 5 dan ARTIK 10, ini alamatnya: https://www.conrad.de/de/Search.html?category=%1FEntwicklungskits%1FEntwicklungskits%252C%2BEntwicklungssysteme%1FSamsung%2BARTIK%2BEntwicklungs-Kits&sc.queryFromSuggest=true&searchType=SUGGEST&searchSource=SUGGEST_CATEGORY

 

screen-shot-2016-10-17-at-9-43-36-am

 

Sisanya, bisa bantuan kawan yang lagi di luar negeri atau nitip istilahnya 😉

 

Unboxing Samsung ARTIK 5

Disini saya coba membedah produk Samsung ARTIK 5. Board ini saya dapat pinjaman dari om Alfred Boediman, https://www.facebook.com/alfred0816. Jadi ya saya manfaatkan untuk belajar lebih banyak mengenai board ini.

Setelah membeli, kita akan mendapatkan box dari Samsung ARTIK 5 ini. Contoh box sebagai berikut.

box1

Kalau dibuka, kita akan melihat Samsung ARTIK 5 board kit lengkap dengan kabel dan power nya.

box2

 

Samsung ARTIK 5 Pinout

Kalau kita pasang semua Samsung ARTIK 5 beserta antenna, kita akan mendapatkan seperti dibawah ini. Cuman dalam box, kita hanya mendapatkan 3 antenna saja 😉

a5-antennas-v05

Mengenai pinout dari Samsung ARTIK 5 dapat dilihat disini, Klik URL address untuk memperbesar gambar.

artik-5-rev05_pinout

 

Samsung ARTIK is Linux-Based

Samsung ARTIK dibangun menggunakan OS Linux dengan distro Fedora. Kita dapat mengakses melalui terminal Serial nya. Kita juga dapat mengakses melalui SSH setelah board ini dihubungkan ke jaringan lokal.

tk3
Saat ini Samsung juga menggembangkan Tizen OS untuk ARTIK. Saat ini belum release secara official di ARTIK Developer website. Versi Tizen OS yang mendukung ARTIK adalah Tizen 3.0. Pembaca dapat melakukan kompilasi sendiri melalui tutorial ini, https://wiki.tizen.org/wiki/ARTIK_10_for_Tizen_3.0.

 

Samsung ARTIK Development

Kita juga dapat menggunduh OS ARTIK di https://developer.artik.io/downloads . Sebelumnya kita harus daftar dulu Samsung Developer dan gratis.

tk1_1

 

Untuk developmentnya, kita diberikan beberapa opsi yaitu Arduino IDE, Eclipse dan Eclipse Che (Web Based).

Arduino merupakan development tool yang mudah digunakan. Cukup mapping dibagian preferences url ini, http://downloads.arduino.cc/packages/package_arduino.cc_linux_index.json . Maka kita akan mendapatkan target board Samsung ARTIK ini.

ar1

 

Alternatif lain?

Well, Samsung ARTIK is Linux-based. Jadi kita dapat memprogram seperti Linux pada umumnya seperti C/C++, Python, Node.js dan Ruby. Saya test ini jalan karena memang Linux menggunakan Linux Fedora.

What’s Next?

Samsung ARTIK module dapat menjadi alternatif untuk pengembangan IoT. Samsung ARTIK merupakan solusi lengkap untuk IoT karena mendukung beberapa network stack yang sudah beredar di market. Dengan kualitas komponen yang baik, board ini dapat dipacu performa nya dengan bagus.

Well, selanjutnya rekan-rekan bisa mengekplorasi board ini . Saya akan coba membuat tutorial sederhan dengan menggunakan board ini 😉 .

Lebih lanjut mengenai Samsung ARTIK modules, pembaca dapat membaca di website resminya disini, https://www.artik.io/modules/.

 

9,392 total views, 2 views today

About Agus Kurniawan

I'm lecturer, researcher, author and IT consultant. Experiences in various IT projects since year 2001. Microsoft MVP since 2004-present. PhD student at FU Berlin, Germany. Teaching and doing R&D at Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia and Samsung R&D Institute Indonesia. Please visit my blog, http://blog.aguskurniawan.net and twitter @agusk2010

Check Also

ML.NET Series: Membuat Model ML secara cepat dengan AutoML

Hi Rekan Makers, Bertemu lagi di series ML.NET, kali ini kita akan mencoba fitur AutoML …