Home / Artikel / Analisa dan Sniffing Paket Data Bluetooth LE dengan Bluefruit LE Sniffer

Analisa dan Sniffing Paket Data Bluetooth LE dengan Bluefruit LE Sniffer

blesniff1

Bluefruit LE Sniffer merupakan produk yang dibuat oleh Adafruit. Rekan-rekan dapat membaca produk ini disini, https://www.adafruit.com/product/2269. Bluefruit LE Sniffer memanfaatkan chip nRF51822 dengan firmware khusus yang di desain untuk melakukan sniffing paket Bluetooth Low Energy (BLE).

Pada sesi ini kita akan eksplorasi bagaiman menggunakan tool ini.

Unboxing

Saya mendapatkan tool ini di salah satu toko online yang terkenal di Jerman. Ada 3 unit saat itu saya. Tidak ada kotak dari Adafruit. Berikut ini tampilan tool Bluefruit LE Sniffer.

bluesnif

 

Instalasi, Konfigurasi dan Testing

Untuk menggunakan tool ini, hal pertama yang dilakukan adalah instalasi driver nya. Sebenarnya tidak driver khusus karena tool ini menfaatkan chip dari FTDI dan semestinya driver FTDI ini sudah terinstall di OS anda. Jika tidak, misakan tool ini tidak dikenali oleh komputer maka rekan-rekan harus install driver nya disini, http://www.ftdichip.com/Drivers/VCP.htm.

Sebagai testingnya, saya menggunakan Cubeacon sebagai BLE iBeacon signal. Produk Cubeacon dapat dibeli disini, http://cubeacon.com. Sedangkan ulasan singkatnya dapat dibaca disini, http://makers.id/2016/09/14/kupas-produk-cubeacon/.

bluesnif2

 

Ok, mari kita lanjutkan untuk instalasi dan setting nya.

Kemudian kita harus install nRF sniffer dari Nordic. In dapat diunduh disini, http://www.nordicsemi.com/eng/Products/Bluetooth-Smart-Bluetooth-low-energy/nRF-Sniffer.

Setelah itu, install Wireshark. Dan rekan-rekan seharusnya sudah dapat melihat paket data yang dipancarkan oleh BLE.

Khusus untuk Mac OSX, pembaca harus install tool khusus disini, http://sourceforge.net/projects/nrfblesnifferosx/  dan install Wireshark version 2.0.x Jangan install versi terbaru karena tidak jalan 😉  kecuali ada update tool dari http://sourceforge.net/projects/nrfblesnifferosx/.

Setelah diinstall, kita klik tombol Capture to Wireshark maka aplikasi Wireshark akan dijalankan kita akan melihat paket BLE.

bluesnif6

 

Contoh tampilan paket BLE pada Wireshark. Klik kanan dan view image untuk melihat gambarnya yang lebih lengkap

bluesnif3

 

bluesnif4

 

bluesnif3

 

3,510 total views, 2 views today

About Agus Kurniawan

I'm lecturer, researcher, author and IT consultant. Experiences in various IT projects since year 2001. Microsoft MVP since 2004-present. PhD student at FU Berlin, Germany. Teaching and doing R&D at Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia and Samsung R&D Institute Indonesia. Please visit my blog, http://blog.aguskurniawan.net and twitter @agusk2010

Check Also

ML.NET Series: Membuat Model ML secara cepat dengan AutoML

Hi Rekan Makers, Bertemu lagi di series ML.NET, kali ini kita akan mencoba fitur AutoML …