Home / Berita / Liputan: Azure IoT Tech Meetup Bogor

Liputan: Azure IoT Tech Meetup Bogor

Acara ‘Azure IoT Tech Meetup’ diselenggarakan pada tanggal 26 Novemeber 2016, acara ini adalah sekuel dari acara sebelumnya yaitu ‘Azure APAC IoT Weekend yang digelar pada tanggal 29 Oktober 2016 lalu, acara kedua ini menitik beratkan pada pembahasan beberapa teknologi Microsoft Azure dan pendalaman materi spesifik untuk Azure IoT dengan workshop. Acara yang dilaksanakan di Balai Karet Bogor ini terjalin atas kerjasama komunitas Buitenzorg Makers Club bersama dengan Gravicode, Makers.ID, Kartoo, GDG Bogor, Dilo Bogor dan didukung langsung oleh Microsoft Indonesia. Acara yang sama diselenggarakan di Bandung oleh DycodeX pada tanggal 27 November 2016 di Poltekpos Bandung.

Sesi pertama dibuka oleh pembicara dari Kartoo yaitu Gilang Bhagaskara, co-founder dari Kartoo, Gilang menceritakan bagaimana membangun start-upnya dengan teknologi Microsoft Azure, dan juga berbagi trik-trik untuk mengoptimalkan pengembangan sistem dengan jumlah team development dan budget yang terbatas.

azure_gilang

Sesi kedua dibawakan oleh Pak Agus Kurniawan dari Makers.ID dengan materi ‘Azure Machine Learning’, beliau mendemokan betapa mudah dan cepatnya membangun solusi machine learning dengan Azure Machine Learning Studio, mulai dari membuat model, training hingga menjadi web service yang siap pakai. Sehingga kita dapat memanfaatkannya tanpa harus membangun semuanya dari awal dan menggunakan berbagai aplikasi dan library yang berbeda.

azure_agus-k

Setelah itu lunch break, dan dilanjutkan oleh Muhammad Ibnu Fadhil dari Gravicode, Dalam sesi ini ditunjukan dalam 10 menit kita bisa membuat bot yang berfungsi dan dapat terhubung dengan beberapa platform chat seperti Skype, Telegram, Slack, Twilio, dsb dengan platform Microsoft Bot Framework. Fungsi-fungsi untuk membuat form, dialog, pengenalan intent dari sebuah kalimat dengan Luis, hingga menghubungkan dengan Cognitive Service sudah tersedia, sehingga kita bisa membuat bot yang semakin powerfull. Souce code demo pun dibagikan secara gratis untuk dipelajari oleh peserta, dapat di download pada link ini.

azure_mif

Sesi seminar terakhir dibawakan oleh Nurendra Toro dari Intel Innovator, beliau menjelaskan tentang bagaimana IoT mengubah industri manufaktur. Banyak peluang terbuka bagi rekan-rekan yang menekuni IoT di bidang manufaktur, dengan memanfaatkan teknologi-teknologi terbaru yang ada sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses manufaktur.

azure_rendra

Sesi workshop dibawakan oleh Endang Suwarna dan Haidar Afkar A. perwakilan dari Buitenzorg Makers Club, audiens belajar langsung dengan mempraktekan membuat device IoT dengan NodeMCU dan DHT11 untuk mengukur suhu dan kelembapan lalu datanya dikirim melalui wifi langsung ke Azure IoT Hub, dan visualisasi datanya ditampilkan ke dalam Power BI secara (mendekati) realtime.

azure_endangazure_workshop

Semoga rekan-rekan makers bisa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman dari kegiatan-kegiatan seperti ini.

azure_rame2

Salam Makers.

3,342 total views, 2 views today

About Muhammad Ibnu Fadhil

Penulis kode, pedagang aplikasi perkantoran, implementator integrasi sistem, memiliki UKM yaitu gravicode.com, mendirikan komunitas kecil gadgeteer Indonesia, mendedikasikan diri untuk membangun produk dan jasa yang bermanfaat untuk ummat terutama di bidang teknologi informasi.

Check Also

Liputan : Global Azure Bootcamp 2018 Bogor

Global Azure Bootcamp adalah acara tahunan yang diselenggarakan serentak di beberapa lokasi di beberapa belahan negara dunia …