Home / Artikel / Liputan: Azure IoT Tech Update

Liputan: Azure IoT Tech Update

Selamat tahun baru 2017, semoga di tahun ini makers Indonesia semakin produktif dan kreatif. Kembali ke 17 desember yang lalu, komunitas “Buitenzorg Makers Club” mengadakan acara “Azure IoT Tech Update”, acara ini diadakan di Balai Karet Bogor.

Ini ada sekuel ketiga (terakhir) dari rangkaian acara “Azure IoT Weekend” yang dimulai dari Oktober 2016 lalu. Yuk kita simak apa saja acaranya:

Azure Functions: Swiss Knife for your backend system oleh Muhammad Ibnu Fadhil (Gravicode)

Fadhil membawakan topik tentang azure functions dan demo-demo “real-world scenario” yang bisa diaplikasikan dalam solusi kita. Seperti Bot yang menerima laporan kerusakan jalan/jembatan yang selanjutnya diproses dengan azure functions untuk disimpan ke dalam tabel, dan secara real-time dapat dipantau oleh petugas dengan real-time web dengan ASP.NET SignalR, demo lainnya tentang membaca tweets dengan hashtag tertentu dengan Logic Apps dan membaca sentimentnya dengan Text Analytic API, atau penerapan dalam IoT, mengirim data keadaan ruangan (suhu, cahaya, kelembapan) yang dapat men-trigger otomatis beberapa keadaan tertentu (suhu mencapai threshold tertentu) untuk dilanjutkan prosesnya dengan azure functions, atau aplikasi tag gambar otomatis, dimana setelah file gambar diupload melalui aplikasi, azure functions dapat memrosesnya dengan Vision API untuk mendapatkan deskripsi dan tag-nya. Source code demo ini dapat diunduh di tautan berikut : https://github.com/Gravicode/AzureIoTTechUpdate

IoT & Machine Learning : Predictive Analytics oleh Sofian Hadiwijaya (Intel Innovator, Pinjam.co.id)

Dalam presentasinya Sofian Hadiwijaya menjelaskan fundamental mengenai bagaimana machine learning dapat digunakan dalam melakukan prediksi, klasifikasi, clustering terhadap data menggunakan beberapa library machine learning, dijelaskan juga bagaimana proses training dan testing data dengan supervised learning, dan contoh-contoh pemanfaatannya dalam ‘real-world scenario’. Sofian juga menjelaskan penggunakan R untuk mengolah dan menganalisa data dengan statistik menggunakan Jupiter workbook.

Xamarin : Universal Mobile Development oleh Gilang Bhagaskara (Kartoo)

Dalam sesi ini Gilang Bhagaskara membawakan materi mengenai bagaimana membangun aplikasi mobile dengan target multi-platform (IOS, Android, WP, UWP) dengan cepat menggunakan Xamarin. Konsep “Portable Class Library” memungkinkan kita untuk men-shared business logic dan data access layer dengan platform-platform lain, bahkan untuk aplikasi berbasis form kita bisa memanfaatkan Xamarin Forms yang memungkinkan kita men-shared kode user interface dengan platform-platform lain. Konsep seperti ini memungkinkan kita lebih efisien dalam mengembangkan aplikasi dengan target multi-platform.

Microsoft Holo Lens Demo & Workshop oleh Yugie Nugraha (Technical Evangelist Microsoft Indonesia)

Ini mungkin sesi yang paling menyita perhatian audiens karena Yugie Nugraha membawa perangkat teranyar dari Microsoft yaitu Microsoft Hololens, perangkat ini berbentuk seperti VR Glass, di dalam perangkat ini terdapat PC yang cukup powerful untuk memproses mixed reality, yaitu gabungan dari AR (augmented reality) dan VR (virtual reality), dengan perangkat ini kita dapat berinteraksi dengan hologram dengan menggunakan gerakan kepala, suara, jari. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk melakukan spatial mapping yaitu mengenali environment sekitarnya sehingga dapat lebih realistis dalam menempatkan objek-objek virtual ke dalam hololens.

Salah satu audiens termuda, Cosmo juga kebagian untuk mencicipi device canggih ini. Pelajari lebih jauh tentang pengembangan Hololens di https://www.microsoft.com/microsoft-hololens/en-us/developers

Android Development with Azure Mobile App Service oleh Meyta Zenis Taliti (Docotel)

Azure menyediakan Mobile Apps yang dapat mengakselerasi pengembangan aplikasi mobile kita, seperti push notification, authentication hingga data storage. Meyta pada sesi ini mendemokan bagaimana membangun back-end service untuk aplikasi android dengan sangat cepat dan mudah. Tentunya hal ini sangat penting bagi kita yang ingin mengejar market dengan cepat.

Azure IoT Suite oleh Endang Suwarna dan Haidar Afkar (Buitenzorg Makers Club)

Sesi terakhir ditutup dengan presentasi dan demo oleh Endang Suwarna dan Haidar Afkar, Azure IoT suite adalah pre-defined IoT solution dari Microsoft. solusi ini terdiri dari beberapa service yang ada di Azure untuk membangun solusi IoT. Saat ini ada 2 solusi yang tersedia yaitu Remote Monitoring dan Predictive Maintenance. Sesuai namanya kita dapat memanage asset device kita, mengumpulkan data telemetri dari device yang tersebar secara geografis, lalu mentrigger peringatan berdasarkan proses filtering data yang dikirimkan device tersebut, selain itu kita dapat melakukan upaya preventif untuk menghindari kegagalan fungsi pada device kita, melakukan update firmware dari jauh. Solusi seperti ini mempercepat kita dalam memahami bagaimana solusi Azure IoT ini bekerja, tanpa harus membangunnya dari scratch (awal).

Itulah semua adalah agenda yang telah dilaksanakan dari pagi hingga sore, semoga acara-acara seperti ini dapat membantu profesional, akademisi dan komunitas developer dan maker untuk lebih cepat memahami, mengadopsi dan memanfaatkan solusi-solusi yang tersedia di market agar lebih kompetitif dan produktif.

Salam makers 🙂

 

1,548 total views, 4 views today

About Muhammad Ibnu Fadhil

Penulis kode, pedagang aplikasi perkantoran, implementator integrasi sistem, memiliki UKM yaitu gravicode.com, mendirikan komunitas kecil gadgeteer Indonesia, mendedikasikan diri untuk membangun produk dan jasa yang bermanfaat untuk ummat terutama di bidang teknologi informasi.

Check Also

Analisa dan Sniffing Paket Data Bluetooth LE dengan Bluefruit LE Sniffer

Bluefruit LE Sniffer merupakan produk yang dibuat oleh Adafruit. Rekan-rekan dapat membaca produk ini disini, https://www.adafruit.com/product/2269. Bluefruit …