Home / Berita / Liputan: Visual Studio 2017 Launch Event Bogor

Liputan: Visual Studio 2017 Launch Event Bogor

Hello rekan makers,

Apa kabar ? Pernah mendengar Visual Studio sebelumnya ? Visual Studio adalah IDE (Integrated Development Environment) dari Microsoft. Visual Studio pertama kali di launch pada tahun 1997, berarti saat ini sudah berkiprah menemani rekan-rekan developer selama 20 tahun. Pada awalnya visual studio di rancang khusus untuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang berjalan hanya di operating system windows. Tapi kini kita bisa membangun aplikasi multi-platform dan multi-device dengan Visual Studio 2017, hal ini dimungkinkan karena .NET saat ini terbagi menjadi 3: yaitu .NET Framework, .NET Core, dan Xamarin. .NET Framework tetap terus dikembangkan untuk developer windows, sedangkan .NET Core dioptimalkan untuk teman-teman yang mengembangkan aplikasi console, web diatas platform windows, linux, dan mac dengan performa tinggi. Sedangkan Xamarin yang dikembangkan dari open source project Mono, memungkinkan kita membuat aplikasi untuk iOS, Android, Windows, bahkan Tizen dengan target device : mobile, tablet, tv dan wearables.

Visual Studio 2017 Launch adalah acara launching Visual Studio 2017 yang diadakan oleh komunitas serentak di beberapa tempat di seluruh dunia, Di Indonesia, salah satunya diadakan oleh temen-temen dari Buitenzorg Makers Club. Acara komunitas ini diadakan di Digital Lounge Bogor dengan bekerja sama dengan Microsoft Indonesia dan didukung juga oleh Dilo Bogor, Gravicode, GDG Bogor, Makers.ID.

Acara ini diisi dengan menonton keynote dan beberapa video streaming dari launch.visualstudio.com bersama-sama dan beberapa demo live coding Visual Studio 2017 dan Visual Studio Code untuk membuat aplikasi web multi-platform dengan ASP.Net Core oleh Muhammad Ibnu Fadhil.

Tidak disangka dalam acara ini kedatangan teman-teman pelajar dari sekolah Darul Ulum, mereka sangat antusias untuk mempelajari teknologi .NET dan penggunaan Visual Studio dalam pengembangan aplikasi.

Semoga acara ini memberi manfaat dan membuka akses seluas-luasnya untuk developer tanah air untuk menggunakan kakas yang handal dalam pengembangan aplikasi.

–Penulis

 

2,184 total views, 2 views today

About Muhammad Ibnu Fadhil

Penulis kode, pedagang aplikasi perkantoran, implementator integrasi sistem, memiliki UKM yaitu gravicode.com, mendirikan komunitas kecil gadgeteer Indonesia, mendedikasikan diri untuk membangun produk dan jasa yang bermanfaat untuk ummat terutama di bidang teknologi informasi.

Check Also

Liputan: Azure IoT Camp Bogor

Hello rekan makers, Sabtu kemarin, tepatnya pada 18 Februari 2017 di Digital Lounge Bogor, Buitenzorg …