Home / Berita / Liputan : Global Azure Bootcamp 2018 Bogor

Liputan : Global Azure Bootcamp 2018 Bogor

Global Azure Bootcamp adalah acara tahunan yang diselenggarakan serentak di beberapa lokasi di beberapa belahan negara dunia untuk mensosialisasikan informasi-informasi terbaru mengenai produk Microsoft khususnya Azure.

Azure adalah produk cloud end-to-end dari Microsoft yang memiliki solusi yang lengkap untuk kebutuhan pengembangan solusi mulai dari Apps, IoT, Machine Learning, Blockchain, DevOps, Database, dsb. Lengkapnya silakan lihat pada link ini.

Buitenzorg Makers Club dengan support dari Microsoft dan partner lokal seperti Dilo Bogor, Makers.id, Ilmu Data, Blocksphere, Altrovis, GDG Bogor, Intel Innovator menyelenggarakan acara GAB 2018 di Kota Bogor, Indonesia. Acara ini di isi dengan 2 track utama yaitu seminar dan workshop.

Berikut adalah agenda yang disampaikan pada saat acara GAB 2018 di Bogor:

Agus Kurniawan, MVP dan founder dari Makers.id dan Ilmudata.id menyampaikan tentang Azure ML Workbench yaitu piranti yang memudahkan rekan-rekan dalam membangun solusi AI, mulai dari menyiapkan data (ekstraksi, transformasi, cleaning, dsb), lalu menguji model sampai mendapatkan akurasi yang terbaik, dan melakukan deployment-nya di lokal atau di Azure. Tool ini sangat terintegrasi dengan Azure, ditujukan untuk Data Scientist, dan sangat intensif menggunakan bahasa pemrograman Python.

Endang Suwarna dari BMC, menjelaskan topik tentang Azure IoT Edge, solusi ini membuat pemrosesan data IoT lebih cepat karena dilakukan di edge devices (local server / gateway), beberapa services seperti Azure ML, Azure Functions, Stream Analytic bisa di deploy sebagai docker container di lokal server.

M Ibnu Fadhil dari Gravicode, menjelaskan tentang pengembangan chat bot menggunakan Bot Framework dan Bot Services yang ada di Azure. Bot Framework adalah toolset lengkap yang disediakan microsoft untuk membuat bot, tersedia SDK untuk C#, Node.JS, Java dan Python. Dengan Bot Framework ini kita dapat berfokus pada solusi yang ditawarkan bot kita daripada hal-hal teknis seperti pembuatan dialog, penanganan attachment, manajemen data state sedangkan Bot Service memudahkan kita menghubungkan Bot kita dengan channel messaging seperti Skype, Team, Telegram, Slack, dsb. Sehingga proses pembuatan bot hanya sekali, dan dapat digunakan di beberapa channel sekaligus.

Gilang Bhagaskara dari Blocksphere Indonesia menjelaskan tentang beberapa service Azure yang dapat digunakan untuk membuat solusi Blockchain seperti Ethereum, Stratis, dsb. Karena sudah terdapat pre-installed blockchain VM di Azure, kita bisa langsung mulai dengan cepat membuat solusi blockchain kita.

Fuady Rosma Hidayat dari Altrovis menjelaskan dan mendemokan bagaimana CI/CD dapat mengotomatisasi proses development, testing dan deployment solusi kita di Azure. Visual Studio Team Service sudah berevolusi ke cloud sehingga dapat digunakan dengan mudah tanpa ribet instalasi dan konfigurasi, dan perangkat CI/CD ini bisa digunakan untuk berbagai solusi seperti web apps, mobile apps, sharepoint, database, dsb dan tidak terikat pada teknologi dan bahasa pemrograman yang dibuat Microsoft saja.

Rendra Toro dari Intel Innovator menjelaskan dan mendemokan solusi Movidius yaitu device kecil seperti dongle usb yang dapat mempercepat proses inferensi Machine Learning model pada device-device yang low spec, low power seperti raspberry pi. Windows ML adalah salah satu teknologi yang built-in tersedia di Windows 10 yang dapat digunakan untuk memproses data dengan model ML dengan ekstensi ONNX (lihat disini) yang disupport pemain besar seperti microsoft, facebook, AWS . Windows ML ini juga akan mensupport penggunaan device seperti Movidius untuk mengakselerasi proses inferensi model ML.

Sedangkan workshop di isi oleh Muhammad Yunus dari Legendre dan Iwan Muttaqien dari Interactive Robotic, workshop ini diselenggarakan full day, membahas tentang pembuatan solusi IoT dengan Azure IoT dan Windows 10 IoT Core dan juga integrasi dengan cognitive services yaitu AI service di Azure yang sudah siap digunakan untuk memproses citra, suara, knowledge, search, dsb dengan predefined ML Model. Lebih lanjut baca disini.

Acara ini sukses diselenggarakan, dan semoga ke depan BMC dapat lebih banyak lagi berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membantu proses peningkatan skill dan pengetahuan developer dan makers tentang teknologi di tanah air melalui acara-acara seminar, workshop, publikasi, experiment dan hal lainnya.

Dokumentasi lengkap silakan lihat disini.

–Salam Makers

776 total views, 2 views today

About Muhammad Ibnu Fadhil

Penulis kode, pedagang aplikasi perkantoran, implementator integrasi sistem, memiliki UKM yaitu gravicode.com, mendirikan komunitas kecil gadgeteer Indonesia, mendedikasikan diri untuk membangun produk dan jasa yang bermanfaat untuk ummat terutama di bidang teknologi informasi.

Check Also

Liputan: Azure IoT Camp Bogor

Hello rekan makers, Sabtu kemarin, tepatnya pada 18 Februari 2017 di Digital Lounge Bogor, Buitenzorg …