Home / Artikel / ML.NET Series: Model Builder with GPU Support

ML.NET Series: Model Builder with GPU Support

Hi Rekan Coder,

Gimana weekend kamu saat PSBB, semoga tetap ceria dan produktif. Berita baik dari tim ML.NET, sekarang rekan-rekan sudah bisa memanfaatkan GPU untuk training image classification. Kelebihan ya itu cepat, lihat gambar dibawah komparasi antara menggunakan CPU dan GPU dengan dataset sebanyak 77.000 gambar:

Image cpu vs gpu training

sumber: devblogs

Untuk memanfaatkan fitur ini pastikan beberapa hal ini:

  1. Install extension model builder dengan GPU Support disini.
  2. Pastikan rekan-rekan punya GPU yang compatible dengan CUDA
  3. Install CUDA v10.0, jangan versi lain
  4. Install cuDNN v7.6.4 for CUDA 10.0 (kita tidak bisa install banyak versi)

Nah setelah semua sudah siap, buka visual studio, lalu buat satu project dengan jenis console app (.NET Core), coba klik kanan add > Machine Learning. Nanti model builder akan muncul, lalu pilih skenario : image classification.

lalu check compatibility, kalau prasyarat diatas dipenuhi harusnya rekan-rekan bisa melanjutkan. Saat ini model builder bisa mengecek apakah kamu punya GPU yang compatible dengan CUDA, dan GPU extension sudah di install atau belum. Tapi belum bisa validasi versi CUDA dan cuDNN yang terinstall di OS kamu.

Jika PC / Laptop kamu ga ada GPU-nya jangan bersedih, silakan gunakan Azure (Azure ML/Azure VM with GPU) untuk alternatifnya, ya tetep sih kudu keluar kocek lagi ;D

Don’t have a CUDA-compatible GPU but still want faster training? You can train in Azure, either by selecting the Azure training environment in Model Builder to utilize Azure ML or by creating an Azure VM with GPU and using Model Builder’s local GPU option for training.

Perhatikan jika ada update lagi mengenai penggunaan GPU di ML.NET model builder pada link berikut.

Selamat berkreasi, Salam Developer !!

90 total views, 4 views today

About Muhammad Ibnu Fadhil

Penulis kode, pedagang aplikasi perkantoran, implementator integrasi sistem, memiliki UKM yaitu gravicode.com, mendirikan komunitas kecil gadgeteer Indonesia, mendedikasikan diri untuk membangun produk dan jasa yang bermanfaat untuk ummat terutama di bidang teknologi informasi.

Check Also

ML.NET Series: Membuat Model Klasifikasi Gambar dengan Model Builder

Hi Makers, Kali ini kita akan membahas bagaimana kita dapat membuat model ML untuk melakukan …