Home / Artikel / IoT Series: Membuat App UI di Raspi dengan Avalonia

IoT Series: Membuat App UI di Raspi dengan Avalonia

Hi Rekan Dev,

Pa kabar? semoga tetap sehat dan ceria. Kali ini kita mulai dengan suatu pertanyaan, hmm bagaimana membuat aplikasi desktop di raspbian dengan .NET ? Nah kita punya beberapa opsi, antara lain:

  1. Mono dengan GTK, QT atau WinForm
  2. Blazor Desktop (Webview)
  3. Electron
  4. Avalonia

Nah kita akan coba point no.4 yaitu membuat aplikasi desktop dengan Avalonia, sebelumnya apakah avalonia itu ? kalau dari deskripsi yang bikin “Avalonia is a cross-platform UI framework for dotnet, providing a flexible styling system and supporting a wide range of Operating Systems such as Windows, Linux, macOS. “

Nah intinya untuk membuat UI aplikasi yang bisa jalan di berbagai platform. Mirip MAUI donk ? Iya, tapi pertanyaannya MAUI jalan ga di raspbian ? hmmm.. berarti cocok ya buat temen-temen yang lagi bikin aplikasi IoT dengan raspberry dan .NET, ga usah pusing-pusing bikin UI-nya pakai knowledge yang sudah dimiliki dengan menggunakan XAML (Extensible Application Markup Language), persislah kaya bikin UI dengan MAUI atau UWP. Untuk lebih jauhnya rekan-rekan bisa baca dari dokumentasinya di Welcome – Avalonia (avaloniaui.net) framework ini uda mature jadi jangan khawatir kalau mau pake untuk production. 

Ok nyok bikin hello world di raspbian dengan avalonia, silakan ikuti langkah berikut:

  1. Download .NET (Linux, macOS, and Windows) (microsoft.com)
  2. Download Visual Studio Tools – Install Free for Windows, Mac, Linux (microsoft.com)
  3. Install extension Avalonia untuk Visual Studio: Avalonia for Visual Studio 2019,2017 – Visual Studio Marketplace
  4. Lalu buka Visual Studi, File > New > Project. Nah banyak tuh pilihan template avalonianya, pilih saja “Avalonia MVVM”
  5. atau kalau temen-temen biasa koding pake command line, ya tinggal install templatenya dengan perintah “dotnet new -i Avalonia.Templates" 
  6. bikin appnya tinggal buat folder dengan perintah “mkdir hello.avalonia”
  7. trus masuk “cd hello.avalonia”
  8. trus bikin project dengan perintah dotnet new “avalonia window” 
  9. terus tinggal run dengan command “dotnet run”
  10. projectnya bisa di copy pake FTP atau manual dengan SSH ke raspi temen-temen
  11. Terus di raspi silakan install dotnet dengan mengikuti langkah di link ini Install and use Microsoft Dot NET 6 with the Raspberry Pi – Pete Codes
  12. lalu jalankan aplikasi dari folder yang sudah di copy dengan perintah yang sama di terminal yaitu “dotnet run”
  13. Kalau mau coba sampel aplikasi sederhana yang sudah dibuat penulis silakan download di Gravicode/Avalonia.Raspi: Try to create App with UI with Avalonia in Raspbian (github.com)
  14. Nah kalau butuh mengakses IO di Raspi dengan .NET silakan gunakan library ini Develop apps for IoT devices with the .NET IoT Libraries | Microsoft Docs

Selamat Berkarya, 

Salam Coder ;D

3,416 total views, 5 views today

About Muhammad Ibnu Fadhil

Penulis kode, pedagang aplikasi perkantoran, implementator integrasi sistem, memiliki UKM yaitu gravicode.com, mendirikan komunitas kecil gadgeteer Indonesia, mendedikasikan diri untuk membangun produk dan jasa yang bermanfaat untuk ummat terutama di bidang teknologi informasi.

Check Also

Web Series: Crawling Isi Website

Hi Rekan Devs, Pa kabar ? sebentar lagi puasa, pada jaga kesehatan yo..  Nah, kali …